oleh

Jambore SDIT Harapan Umat Brebes Di Tenda Regu Kijang

Brebes – Sebanyak 250 pramuka siaga yang terdiri dari 10 regu putri dan 10 regu putra dari Gugus Depan 16.094-16.095 SDIT Harapan Umat (Harum) Brebes mengikuti Jambore Pramuka Siaga di halaman sekolah, Jambore SDIT Harum Brebes ini diadakan selama dua hari dari tanggal 14-15 Agustus 2019 dan dibuka oleh kepala sekolah SDIT Harum Brebes, Kak Cecep Setiawan, S.Pd. jalan Yos Sudarso KM 3 Pasarbatang, yang berada diwilayah teritorial Koramil 01/Brebes, Jawa Tengah. Rabu malam (14/08/2019).

Dalam sambutannya, kak Cecep berharap, melalui jambore ini kita ingin membangun manusia yang bersosial dan Islami, memiliki karakter serta membangun anak bangsa yang memiliki watak yang kuat. Bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan akan tetapi juga tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kekompakkan serta selalu bersatu dan menjunjung kesatuan dan persatuan. Tuturnya.

Kegiatan jambore juga dapat mendidik adik-adik siaga menjadi pramuka yang rajin ,trampil dan gembira serta dapat membentuk pramuka yang sesuai dengan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Dharma. Tambahnya.

Pembina pendamping Putra Iwan Sulistiawan, AMd mengatakan “Jambore SDIT Harum bertujuan untuk meningkat kan iman dan taqwa, membina dan mengembang kan penghayatan kode kehormatan pramuka yang berupa janji Tri Satya dan ketentuan moral Darma Pramuka serta memupuk persaudaraan dan persatuan di kalangan Pramuka Siaga yang berpangkalan di Harapan Umat“.

Ditambahkan juga oleh Pembina Putri kak Nurkhasanah, S.Pd bahwa sasaran dari kegiatan jambore SDIT Harum Brebes adalah mengetahui tingkat pengetahuan dan prestasinya, meningkatkan kemampuan mental, fisik dan pengetahuan, memperoleh tambahan pengalaman, keterampilan dan persahabatan, meningkatkan disiplin pribadi, tanggung jawab dan kesetiaan terhadap regu gugus depan dan organisasi Gerakan pramuka, serta memahami dan menghayati semangat kepramukaan, sistem beregu kerukunan, kekompakkan, gotong royong dan kesetiakwanan. Paparnya.

Kegiatan jambore diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya sholat berjamaah di masjid, bongkar pasang tenda, permainan tradisional dan lomba masak, Penjelajahan meliputi hafalan, pengetahuan Islam dan Kepramukaan, Sandi, PBB, Menidahkan bola api, Halang Rintang dan kebersihan lingkungan serta lomba yel-yel disaat malam api unggun.

Regu Kijang merupakan salah satu regu yang sangat antusias dan penuh kekeluargaan, dimana Azzam, Faiz, Dafa, Agung, Farhat, Rafa, Abiyu, Rizky, Azkya dan Fajri ini selalu kompak dalam mengikuti seluruh kegiatan.

Di tenda tampak dalam foto bahwasannya antara Pembina kak Iwan (Kaos orange) kak Nurkhasanah (jilbab) dan Regu Kijang sangat dekat dan akrab baik di dalam kelas maupun di kegiatan luar kelas. (Utsm).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed