oleh

Puluhan Mapala UMUS Brebes Dibekali Navigasi Darat

Brebes – Puluhan mahasiswa/i Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mendapatkan pembekalan Navrat dari anggota Koramil 03 Wanasari, Kodim 0713 Brebes. Jumat sore (1/11/2019).

Dibenarkan Danramil, Kapten Infanteri Turiman bahwa, kegiatan yang dilakukan oleh anggotanya dalam rangka pembinaan wilayah khususnya pendampingan belajar dan mengajar kepada pelajar atau mahasiswa/i.

“Sebanyak 25 orang Mahasiswa dan Mahasiswi UMUS pecinta alam (Mapala), dibekali materi Navigasi Darat (Navrat) guna mendukung kegiatan pendidikan dasar III Palamust di lapangan,” ucap Turiman.

Ditambahkannya, pengajaran yang dilakukan berdasarkan undangan untuk mengisi materi dari pihak Unit Kegiatan Mahasiswa dan Ketua Umum Palamust, Ahmad Tri Amaludin.

Tampak Serma Yusuf dan Serda Anang Jatmiko, sedang memberikan materi yang pengetahuan dasar peta serta pengenalan kompas siang dan malam.

Dijelaskan sedikit oleh pemateri, Serma Yusuf, bahwa navigasi di darat bertujuan untuk memetakan medan guna menentukan arah perjalanan yang tepat.

“Kita harus memahami dimana posisi kita berada serta mengenali objek-objek disekitar kita dengan peta sederhana. Ini akan sangat berguna terutama bagi para petualang alam,” terangnya.

Selanjutnya, jika telah mampu membaca warna dan tanda-tanda di peta dengan benar, maka kita dapat membayangkan kondisi nyatanya di alam.

Diharapkan Yusuf, agar mendapatkan kesempatan lebih di lain waktu sehingga dapat menularkan paket komplit ilmu yang dimiliki prajurit yang meliputi membaca peta, menggunakan kompas, mengukur azimuth dan jarak, membaca koordinat, resection dan intersection, orientasi medan serta menggambar peta secara sederhana.

“Semoga dengan edukasi yang dilaksanakan selama satu setengah jam ini, para Mapala dari UMUS kedepan mempunyai gambaran jika melaksanakan outbond di lapangan,” pungkasnya. (Aan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed