oleh

Aksi Babinsa dan Kepala Desa Mlayang Angkat Tema “Beras Hitam”

Brebes, Kontribusi dan aksi Babinsa Kodim 0713 Brebes selalu ada di wilayah binaannya, dimana Bintara Pembina Desa dituntut untuk bisa berkiprah di dalam masyarakat. Hari ini Aksi Babinsa Kodim Brebes yang secara langsung live di youtube Radio Singosari FM dan On Airnya menyuguhkan tema dengan ciri khasnya yaitu Beras Hitam Asli Sirampog Brebes. Rabu. (11/12/2019).

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Mlayang Serda Annur Wahyudi Koramil 10 Sirampog, dalam kesehariannya berdinas melakukan pendampingan pertanian khususnya tanaman padi jenis beras hitam bersama Kepala Desa Abdul Khafid (32) menjadikan Desa Mlayang merupakan penghasil beras hitam di kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Menurut Abdul Khafid, Sejatinya potensi beras hitam di Desanya sangat bagus, akan tetapi masih banyak petani yang belum berani memproduksi/menanam beras hitam. Mungkin karena usia tanam padi hitam ini yang relatif cukup lama dan hasil produksinya yang tidak begitu banyak sehingga petani enggan untuk menanam jenis padi tersebut.

Lebih lanjut Abdul Khafid mengatakan, Sosialisasi kepada masyarakat untuk menanam padi ini dilakukan bersama dengan Babinsa dengan secara bertahap, Kepala Desa sekaligus sebagai penggagas irigasi 1000 Meter ini sudah mengairi lahan sawah hingga 100 Ha di 5 dukuh Igir Tenjo, Mlayang Luhur, Kubang Gede, Karanganyar, Sandayoga dan Mlayang, dengan melakukan pembebasan lahan yang dilakukan tanpa dana dari pemerintah, dana tersebut dari swadaya masyarakat atau gotong royong.   

Untuk mendapatkan bibit Bibit beras hitam dari BPP (Balai Penyuluh Pertanian) yang diajukan oleh pemerintah desa dengan syarat membentuk kelompok tani dan memiliki lahan minimal seluas 25 Ha.

Diakhir Talk Shownya, Babinsa dan Kepala Desa Mlayang menyapa kepada seluruh pendengar Radio Singosari FM untuk bisa mencoba dan menikmati hasil pertanian padi beras hitamnya secara langsung ke Desa Mlayang. (Utsm)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed