oleh

Progres Rehab Rumah Tidak Layak Huni di Cibentang Bantarkawung

Brebes – Para teknisi bangunan TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD Sengkuyung tahap III Kodim 0713 Brebes, mulai kebut pekerjaan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) milik 6 orang warga kurang mampu di Desa Cibentang, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Senin (7/11/2022).

Di hari ke-26 dari 30 hari ini, setidaknya ada 40 orang warga setempat yang membantu pekerjaan TNI.

Disampaikan Peltu Diono Bati Tuud Koramil 12 Bantarkawung selaku Plh. Danramil, bahwa pekerjaan yang masih berlangsung di pekan terakhir TMMD meliputi pengaspalan jalan beton sepanjang 725 meter lebar 2,5 meter yang mana sebelumnya telah dilakukan pengecoran (75%), kemudian pekerjaan rehab 6 unit RTLH dengan rataan progress 65%.

“Untuk pekerjaan fisik yang telah selesai meliputi pembuatan 1 unit jembatan sepanjang 6 meter lebar 4,5 meter, saluran drainase 360 meter lebar 30 centimeter, dan pembuatan 5 unit plat duiker atau gorong-gorong drainase,” bebernya.

Lanjutnya, dari 16 teknisi bangunan Kodim, sebagian besar difokuskan ke pekerjaan rehab RTLH, yaitu pekerjaan di rumah milik Suminem Dukuh Ciawi RT. 02 RW. 03 75 %, Ruhemin Dukuh Kemambang RT. 02 RW. 06 (75%), kemudian Sahidin dan Sator warga Dukuh Wates RT. 01 RW. 05 (65%), Tarsah Dukuh Sugih Ampir RT/RW. 02 (60%), dan juga di rumah Turip Winarto Dukuh Kemambang RT. 02 RW. 06 (60%).

Ada dua jenis pekerjaan rehab rumah, yaitu rehab total untuk dibangun rumah semi permanen (pondasi, plester dinding dan lantai, rangka atap dan pergantian genteng. Kemudian yang kedua adalah rehab sebagian dengan pekerjaan plesterisasi dinding dan lantai.

Walaupun sering turun hujan, namun Diono yakin bahwa pekerjaan akan selesai tepat waktu sebelum TMMD ditutup pada 11 November 2022 nanti. Pasalnya, antusias warga setempat dalam membantu TNI bisa dikatakan jempolan. (Aan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed