oleh

Tanam 1 Juta Pohon di Puncak Mahkota Longsoran Gunung Lio Salem Brebes

Brebes – Guna mengantisipasi longsor dan memperindah dan penghijauan di Puncak Mahkota Gunung Lio, sejumlah elemen masyarakat dan organisasi serta instansi turun tangan meanaman 1 juta pohon dalam Gerakan Tanam Pohon di lokasi longsoran Gunung Lio Salem, Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sabtu (26/11/2022).

Diantaranya CDK V Tegal, BPDASHL Pemali Jratun, KTH dan PKSM sekecamatan Salem, FPRB dan Pemdes Desa Pasirpanjang dan Srikandi Pemuda Pancasila Unit Kerja Kecamatan Salem dan Koramil 13 Salem.

Tujuan untuk mengurangi atau mencegah dan meminimalisir terjadinya bahaya bencana di daerah ini,agar tidak terjadi longsor lagi.”ujar Babinsa Koramil 13 Salem Serma Wasim.

Bibit yang kami tanam jenisnya pohon diantaranya Alpukat, Petai, Arend dan Durian, namun yang kita tanam baru beberapa di lokasi longsor dan beberapa bibit yang lain masih dalam perawatan karena bibit belum besar”. ungkapnya.

Disampaikan, penanaman pohon itu sendiri tidak hanya dilakukan dilokasi longsor, melainkan dilokasi-lokasi lain yang dianggap rawan longsor. katanya.

Pihaknya berharap, melalui penanaman pohon itu, bisa mendorong warga sekitar untuk bisa lebih sadar dalam menjaga kelestarian alam, karena lokasi tersebut merupakan daerah perbukitan yang masuk dalam zona rawan longsor.

Aksi penanaman itu akan dilaksanakan kembali bersama warga dan TNI, setelah bibit pohon yang akan ditanam sudah agak besar dan siap ditanam. (Pendim0713)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed